Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pemkot Batu Rampingkan Median Jalan di Jalan Dewi Sartika untuk Permudah Akses ke Pasar Induk Among Tani

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

18 - Mar - 2023, 12:11

Tampak median jalan di Jalan Dewi Sartika atau berada tepat di depan bangunan Pasar Induk Among Tani Kota Batu, Jumat (17/3/2023). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)
Tampak median jalan di Jalan Dewi Sartika atau berada tepat di depan bangunan Pasar Induk Among Tani Kota Batu, Jumat (17/3/2023). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Batu telah melakukan pembongkaran median jalan di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu yang terletak di depan Pasar Induk Among Tani Kota Batu sejak Senin (13/3/2023) lalu.

Pejabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menyampaikan, bahwa pembongkaran median jalan atau ia sebut sebagai pulau jalan tersebut bertujuan untuk mempermudah akses jalan ke Pasar Induk Among Tani Kota Batu.

Baca Juga : Profil Para Hakim yang Vonis Bebas 2 Terdakwa Tragedi Kanjuruhan

Terlebih lagi, di sepanjang Jalan Dewi Sartika atau di depan Pasar Induk Among Tani Kota Batu tersebut saat ini sudah secara penuh diterapkan kebijakan jalur satu arah menuju selatan.

Lalu menurut Aries, bahwa median jalan atau pulau jalan di sepanjang Jalan Dewi Sartika tersebut terlalu besar. Maka, untuk mempermudah akses ke Pasar Induk Among Tani Kota Batu dan ke arah tengah Kota Batu, median jalan dibongkar dan dilakukan perampingan.

"Supaya nanti akses ke pasar lebih mudah, akses menuju Kota Batu juga lebih mudah. Maka dari pada pulau jalan yang terlalu besar, maka kita kecilkan," ungkap Aries kepada JatimTIMES.com.

Dari pantauan JatimTIMES.com, median jalan di Jalan Dewi Sartika saat ini masih dalam kondisi berbalut tanah bekas dikeruk oleh kendaraan alat berat atau masih belum dilakukan proses pembangunan. Hanya terdapat pita kuning yang terpasang di sekeliling bekas median jalan.

Pria yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur (Jatim) ini mengatakan, bahwa bekas lokasi median jalan di Jalan Dewi Sartika tersebut akan dibangun pedestrian atau jalur pejalan kaki di tengahnya. Namun, tidak terlalu besar.

Baca Juga : Pembangunan Pasar Induk Among Tani Batu Capai 90 Persen, Mei Ditarget Diresmikan Presiden Jokowi

"Jadi kenapa kita buat pedestrian yang lebih kecil, karena ada yang mengakses ke pasar, ada yang akses ke kota. Kalau yang ke pasar tinggal ambil yang kiri, yang ke kota tinggal ambil kanan. Cuma tidak terlalu besar, tetap ada keindahan kota yang dipertahankan," terang Aries. 

Sementara itu, Pemkot Batu telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 190 juta yang diambilkan dari APBD Tahun Anggaran (TA) 2023 untuk pembongkaran median jalan yang berisi tanaman di Jalan Dewi Sartika.


Topik

Pemerintahan Pasar Induk among tani kota batu pasar


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Sri Kurnia Mahiruni