Kemacetan ang terjadi dikawasan Kedungkandang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kemacetan ang terjadi dikawasan Kedungkandang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Lebaran yang semakin dekat, Kota Malang sudah mulai banyak dijejali mobil maupun sepeda motor yang akan mudik ataupun melewati Kota Malang. Volume kendaraan yang meningkat itu tak jarang memicu kemacetan panjang.

Melihat hal tersebut, masyarakat yang akan berangkat mudik ke Kota Malang atau hanya melewati Kota Malang untuk singgah perlu mewaspadai beberapa titik kemacetan yang ada di Kota Malang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Kusnadi mengungkapkan, berapa beberapa titik di Kota Malang memang selalu mengalami kemacetan ketika momen hari libur maupun hari besar. Terutama di pintu masuk ke Kota Malang. 

"Ya kalau hari besar dari pengalaman dulu-dulu, memang pintu masuk dan keluar selalu dipadati kendaraan yang ingin masuk maupun keluar Kota Malang," ujarnya.

Titik kemacetan salah satunya di flyover Arjosari. Di sana selalu terjadi antrean panjang kendaraan dari arah Kota Malang serta dari arah Surabaya yang juga bertemu dengan kendaraan daerah Kabupaten Malang. Kendaraan tersebut bahkan mengular sampai pertigaan Blimbing dan pertigaan Masjid Sabilillah.

Kawasan macet lainnya adalah sekitaran Jalan MT Haryono. Di kawasan Dinoyo tersebut memang sering terjadi antrean kendaraan dari arah Kota Batu yang ingin ke Kota Malang dan sebaliknya. 

"Kawasan lain seperti daerah Kacuk menuju arah Kabupaten Malang, Kedungkandang, Gadang yang juga sering mengalami kemacetan,” beber Kusnadi.

Karena itu, Dishub Kota Malang nantinya akan menerjunkan sejumlah personel yang akan disebar di berbagai titik. Tujuannya untuk membantu jalannya kelancaran lalu lintas bersama tim gabungan lain, seperti dari kepolisian. 

"Kalau macetnya biasanya mendekati Lebaran selalu macet sampai H+4. Dan personel nantinya akan disiagakan sampai H+5," paparnya.

Sementara itu, Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri juga mengatakan hal senada dengan pihak Dishub. Pihaknya memperkirakan, kemacetan akan banyak terjadi di area perbatasan mengarah ke kota.

Kawasan Arjosari, kawasan Gadang dan juga kawasan Sawojajar nampaknya masih menjadi titik yang akan mengalami kemacetan. 

"Jika kemacetan terjadi, maka pengalihan arus atau kontra flow maupun rekayasa lalu lintas akan dilakukan. Disana juga akan siagakan petugas untuk mengatur lalu lintas," pungkasnya