Sekda Kota Malang Wasto, Usai melalukan Safari Ramadhan di Masjid Al Ghozali PP Al Hikam (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Sekda Kota Malang Wasto, Usai melalukan Safari Ramadhan di Masjid Al Ghozali PP Al Hikam (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Safari Ramadan Pemkot Malang berakhir di Masjid Al Ghozali, Pondok Al Hikam yang ada di kawasan Jalan Cengger Ayam. Namun safari itu akan berlanjut menjadi kegiatan Safari Jumatan. Hal itu sebagaimana diungkapkan Sekretaris Daerah Wasto.

Safari Jumatan tersebut bakal dilaksanakan setelah Hari Raya Lebaran. Safari Jumatan diwacanakan dengan mengunjungi seluruh Masjid yang ada di Kota Malang.

"Ini salah satu masukan setelah Safari Ramadhan selama ini. Evaluasi kami banyak yang mengusulkan jangan hanya Ramadan saja, namun juga Safari Jumatan," jelas Wasto saat memberikan sambutan.

Lanjut Wasto, tentunya kegiatan tersebut tak lain dan tak bukan adalah ingin selalu berinteraksi dengan masyarakat, menjaring secara langsung masukan dan catatan masyarakat untuk pemerintah secara informal.

"Kami ingin interaksi langsung untuk lebih tau permasalahan maupun situasi di lapangan," ungkap mantan Kepala Barenlitbang tersebut.

Untuk teknis waktunya, lebih lanjut Wasto mengungkapkan, pihaknya masih akan melakukan pembahasan kembali terkait kunjungan atau kegiatan Safari Jumatan ini.

"Namun teknisnya masih sama seperti Safari Ramadhan, kalau ini kan setiap Jumat, namun untuk satu hulan berapa kali, apakah dua kali tiga kali masih akan dibahas lagi," bebernya.

Selain itu, Wasto juga mengimbau kepada masyarakat, untuk selalu menjaga situasi kondusif. Pasalnya situasi yang kondusif mempunyai harga yang begitu mahal. 

Dengan situasi yang kondusif, bakal berdampak pada segala aspek. Baik itu perputaran ekonomi, kondisi sosial yang damai, maupun angka kriminalitas yang bisa saja menurun.

"Rencananya Mingu depan ini, ada usulan Kapolres mengumpulkan RT, RW dan pemerintah Kota Malang untuk deklarasi terkait situasi kondusif Kota Malang. Rencana di Gor Ken Arok," pungkas Wasto