Menurut rencana Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Pasar akan melaunching Pasar Terpadu Dinoyo pada tanggal 29 April mendatang (Foto Dok MalangTIMES)
Menurut rencana Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Pasar akan melaunching Pasar Terpadu Dinoyo pada tanggal 29 April mendatang (Foto Dok MalangTIMES)

MALANGTIMES - Ketua Komisi C DPRD Kota Malang, Bambang Sumarto mengusulkan kepada Pemerintah Kota Malang, untuk meninjau ulang rencana pembukaan Pasar Terpadu Dinoyo.

Setelah terkatung-katung, Pemkot Malang melalui Dinas Pasar berencana akan membuka pasar yang terletak di Jalan MT Haryono tersebut pada tanggal 29 April lusa. 

"Terkait dengan masalah Pasar Dinoyo, tolong ditinjau lagi launching tanggal 29 April mendatang, hingga kini masih rawan. Karena memiliki potensi besar dalam masalah sosial, lantaran antara pedagang dan investor belum ada persetujuan," kata anggota Fraksi Golkar tersebut dalam sidang paripurna di Gedung DPRD Kota Malang, Rabu (27/4 /2016) siang. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan akan mempertimbangkan usulan dari DPRD Kota Malang tersebut. 

"Insyaallah itu menjadi pertimbangan. Mungkin bisa mundur dari jadwal atau tetap tanggal itu, tapi dengan catatan. Terkait jadwal tersebut dari Dinas Pasar dan sudah dijelaskan secara kongkrit kepada kami alasan pembukaan pasar pada tanggal tersebut," ucapnya dihadapan anggota DPRD Kota Malang. 

Sutiaji menambahkan bahwa pihaknya berharap Pasar Terpadu Dinoyo tersebut bisa segera difungsikan. 

"Pasar Dinoyo sudah waktunya untuk pindah karena sudah lama, yang terpenting bisa segera difungsikan. Mengingat kemacetan yang luar biasa terjadi di kawasan pasar penampungan sementara Merjosari. Harapannya bisa segera direlokasi ke pasar baru," terangnya. 

Rapat Paripurna DPRD Kota Malang ini  mengagendakan Penyampaian Jawaban Wali Kota Malang atas Pemandangan Umum Fraksi Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kota Malang Tahun Anggaran 2015. 

Pada kesempatan ini, Wali Kota Malang, Mochammad Anton, tidak hadir dalam rapat paripurna dan diwakilkan kepada Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji dan Sekertaris Daerah (Sekda) Cipto Wiyono.(*)