Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa Pilkada Kabupaten Malang

KPU: Pencoretan Daftar Pemilih Ganda Jalan Terus

Penulis : Faishal Hilmy Maulida - Editor : Redaksi

17 - Nov - 2015, 08:03

Ilustrasi. (Foto: Googleimage)
Ilustrasi. (Foto: Googleimage)

JATIMTIMES, MALANG - Adanya dugaan pemilih ganda membuat KPU Kabupaten Malang terus melakukan pemuktahiran data. Komisioner KPU, Sofi Rahma Dewi mengungkapkan proses pemuktahiran data atau pencoretan pemilih ganda terus dilakukan hingga menjelang hari H pemungutan suara. 

"Pemilih ganda kita lakukan pencoretan secara manual, dari data yang ada di KPU kita turunkan ke PPK kemudian diteruskan ke PPS," kata Sofi Rahma Dewi kepada MALANGTIMES. 

Itu dilakukan sebagai pengecekan secara faktual data di lapangan apakah ditemukan ganda atau tidak 

"Terus berjalan, prosesnya sampai jelang hari H, termasuk pencoretan untuk yang meninggal, pindah domisili, dan lain sebagainya," lanjutnya. 

Ia menjelaskan untuk proses pencoretan tersebut selain berdasarkan data di lapangan, pihaknya juga dapat menerima masukan dari Panwaslu Kabupaten Malang. "Termasuk ada rekomendasi dari Panwas kita menerima masukan rekomendasi pencermatan data ganda dalam DPT," jelasnya. 

Prosesnya dari rekomendasi Panwas baru diteruskan ke KPU. "Pencoretan berdasarkan rekom Panwas, termasuk adanya laporan dari masyarakat maupun paslon masuk ke Panwas terlebih dahulu baru direkomendasikan ke KPU," pungkasnya. (*)


Topik

Peristiwa Pilkada-Kabupaten-Malang Pemilih-Ganda


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Faishal Hilmy Maulida

Editor

Redaksi