MALANGTIMES - 1.035 mahasiswa baru Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), mengikuti Progam Pengenalan Pendidikan Tinggi (P3T) dengan tagar "Membentuk Mahasiswa Unggul di Era Revolusi Industri 4.0", Selasa (10/9/2019).

Mengenakan almamater kebanggaan dari Unikama, para mahasiswa nampak antusias mengikuti P3T. 

Kegiatan ini sendiri merupakan forum saling memupuk rasa kebersamaan dan persaudaraan antara keluarga besar Unikama.

"Moment ini harus bisa menanamkan pendidikan karakter pada mahasiswa baru. Setelah kegiatan ini, diharapkan akan muncul sosok-sosok mahasiswa yang punya kepekaan tinggi terhadap kondusi lingkungan, mampu meningkatkan kesadaran bernegara dan cinta tanah air, memahami pentingnya arti pendidikan yang ditempuhnya dan pendidikan karakter bagi pembangunan bangsa serta mampu menerapkannya pada kehidupan sehari-hari," jelas Wakil Rektor 3 Unikama,  Dr. Joice Soraya, SH. M.Hum

Wakil Rektor IV Unikama, Umiati Jawas, Ph.D. mengatakan kegiatan pengenalan kampus ini bertujuan agar para mahasiswa bersiap menghadapi era Revolusi Industri 4.0. 

Sebab, era itu menjadi tantangan tersendiri bagi generasi muda saat ini.

"Karena semuanya akan beralih pada sistem online. Dan di sini kita harus menyikapi hal itu. Jangan melihat yang dulu, namun harus melihat perubahan ke depan di depan mata. Kalau kita tak bisa mengikuti perubahan, kita akan tertinggal, masa depan Anda ada di tangan Anda, tinggal bagaimana Anda merancangnya," jelasnya.

Ia juga menyampaikan, jika mahasiswa harus aktif dalam sebuah keorganisasian, yang itu akan membuat wawasan para mahasiswa bisa lebih maju serta bisa meningkatkan potensi para mahasiswa lebih berkembang sebagai calon-calon pemimpin bangsa.

"Saya harapkan agar bisa aktif dalam keorganisasian. Pengalaman saya, salah satu kriteria utama selain nilai Indeks Komulatif Prestasi (IPK), untuk beasiswa yang dicari adalah mahasiswa yang aktif dalam keorganisasian, makanya saya dorong semua untuk aktif dalam keorganisasian," paparnya.

Di sisi lain, Ketua  PPLP PT. PGRI Kota Malang, Drs. H. Soedja'i, yang turut membuka dan meresmikan kegiatan P3T dengan pemukulan gong, berharap agar kegiatan tersebut bisa dimanfaatkan para mahasiswa untuk mengenal lingkungan kampus dan seluruh pejabat kampus Unikama baik itu pimpinan maupun para dosen.