MALANGTIMES - Sepuluh paket pengaspalan maupun pemeliharaan jalan di Kota Malang dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) saat ini telah rampung dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang. Sepuluh paket pengerjaan jalan tersebut telah dirampungkan DPUPR Kota Malang selama beberapa waktu hingga selesai.

Sepuluh jalan tersebut yakni Jalan Ade Irma Suryani, Jalan Untung Suropati Selatan, Jalan Zaenal Zakse, Jalan Kebalen Wetan, Jalan Aris Munandar, Jalan Mayjend Panjaitan, Jalan Ahmad Dahlan, Jalan Bunga Cengkeh, Jalan S. Supriadi, dan Jalan Wr Supratman.

Kepala DPUPR Kota Malang Hadi Santoso melalui Kabid Bina Marga Didik Setyanto menjelaskan, semua pekerjaan proyek tersebut harus melalui lelang. Sebab, anggaran dalam proyek-proyek tersebut lebih dari Rp 200 juta.

Lebih lanjut dijelaskan, dana DAK merupakan dana dari pusat, yakni  Kementerian PUPR. Dana tersebut tak sembarangan digunakan untuk pembangunan jalan.

Dana tersebut merupakan dana yang khusus digunakan untuk pengerjaan jalan yang memang terhubung langsung dengan jalan provinsi maupun jalan nasional. Begitu juga sepuluh jalan yang telah selesai dikerjakan DPUPR.

"Dari sepuluh jalan tadi, semuanya menghubungkan ke jalan provinsi atau ke jalan nasional. Karena itu memang aturan dana dari pusat. Kami hanya mengusulkan dan melaksanakan saja. Proses pengerjaan di lapangan sekarang sudah selesai 100 persen," pungkasnya.